Waspada Wabah Penyakit Hepatitis A Mengintai Anda

Kebiasaan buruk berbagi makanan dan minuman dengan teman perlu diwaspadai terlebih dengan maraknya kasus penyebaran penyakit hepatitis A yang mulai dianggap sebagai kejadian luar biasa (KLB) di beberapa daerah di Jawa Barat. Mewabahnya kasus hepatitis A tahun ini pertama kali muncul di akhir Oktober dengan lebih dari 40 mahasiswa Universitas Parahyangan Bandung positif mengidap penyakit hepatitis A.

Tidak lama berselang, telah dikabarkan bahwa daerah Depok juga sudah terserang virus yang sama. Sebanyak lebih dari 70 siswa dan guru SMKN 2 Depok beserta beberapa buruh disekitar sekolah mengalami gejala mata kuning, tubuh lemas dan kulit menguning yang menandakan mereka terjangkit penyakit hepatitis dan 68 dari mereka positif terjangkit hepatitis A.

Meskipun kasus mewabahnya hepatitis A baru terlihat di dua tempat, namun penyebaran penyakit ini mampu meluas apabila tidak dilakukan pencegahan sedini mungkin. Sehingga lokalisasi pengidap tidak hanya sebagai cara menanggulangi KLB namun juga dilakukan upaya pemantauan ketat dan penyuluhan oleh Dinas Kesehatan dan Badan Pengendali Penyakit & Penyehatan Lingkungan (P2PL).

Dari kedua kasus ini meskipun belum diketemukan secara langsung asal muasal penyakit hepatitis A menjangkit para pelajar, namun satu hal yang menghubungkan kedua kasus tersebut adalah penyebaran melalui berbagi makanan dan minuman sesama teman.

Untuk itu perlu kiranya kita mulai saling sadar diri untuk tidak membahayakan diri kita sendiri dengan berbagi makanan dengan orang lain maupun memberikan resiko orang lain tertular penyakit yang mungkin kita idap. Karena ternyata virus hepatitis A baru akan terjangkit saat kekebalan tubuh seseorang sedang rendah. Sehingga tidak semua orang mengalami dampak yang sama saat terserang virus ini. Bahkan lingkungan tidak bersih juga menjadi sebab mewabahnya virus hepatitis A sebagai peringatan kepada kita untuk terus membiasakan hidup bersih dan tidak jajan sembarangan.





sumber: klikdokter(dot)com