Mengobati Penyebab Bibir Kering, Bibir Pecah-Pecah, Bibir Berdarah

Sedih deh kalau bibir sudah mulai kering, apalagi sampai pecah-pecah dan berdarah. Makan jadi tidak enak, senyum terasa sakit, dan pakai lipstik warna apapun akan terlihat jelek. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan bibir pecah-pecah dan bagaimana cara mengatasinya? Ayo baca sampai habis agar bibir Anda selalu lembut dan jauh dari pecah-pecah!

PENYEBAB:
Bibir pecah-pecah dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya disebabkan oleh udara dingin dan kelembaban udara yang rendah. Dua faktor tersebut dapat menyebabkan dehidrasi dan bibir kering. Seringkali bibir yang kering diatasi dengan cara pemberian lip balm, hal itu tak selamanya baik, kita akan membahasnya pada paragraf selanjutnya. Dan jika Anda sering menjilat bibir yang pecah, hal itu hanya akan memperparah keadaan bibir Anda.

CARA MENGATASI:
Apa yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bibir pecah-pecah?

Pilih Lip Balm Yang Tepat
Lip balm dapat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, tetapi tidak semua lip balm sama, pilih yang paling ramah untuk bibir Anda. Beberapa lip balm menggunakan bahan lilin (beeswax atau microcrystalline wax) sebagai bahan utama. Sebagai informasi tambahan, lip balm dengan bahan tersebut akan menahan kelembaban alami pada bibir, tetapi lib balm ini hanya menahan kelembaban, tidak memberi efek mengobati bibir pecah-pecah. Lip balm dengan bahan utama petrolatum dan lanolin jauh lebih baik untuk membantu melembutkan bibir yang pecah-pecah sekaligus memberi kelembaban.

Hindari Lip Balm Dengan Wewangian
Jika Anda masih sering mengalami bibir pecah-pecah walaupun sudah memakai lip balm, bisa jadi Anda alergi pada bahan tambahan lain pada lip balm, misalnya saja mewangian yang banyak dipakai lip balm yang dijual bebas pada toko kosmetik. Beberapa orang memang sensitif pada wewangian atau minyak (misalnya minyak peppermint) yang dapat menyebabkan iritasi atau bahkan alergi. Coba periksa komposisi lip balm sebelum Anda membelinya. Jika bibir Anda masuk kategori sensitif, hindari lip balm dengan tambahan parfum di dalamnya.

Jangan Dijilat!
Menjilat bibir yang kering seringkali dilakukan jika bibir sudah mulai terasa kering. Hal itu memang memberi efek basah dan lembab pada awalnya, tetapi hal itu justru akan membuat bibir Anda semakin kering. Air liur pada dasarnya adalah enzim untuk mencerna makanan, saat Anda menjilat bibir, tanpa Anda sadari kebiasaan itu akan memperparah kondisi bibir. Jika Anda memiliki kebiasaan buruk ini, mulai kurangi! Minta seseorang yang sering berada bersama Anda untuk mengingatkan jika Anda sudah mulai menjilati bibir.

Jangan Terlalu Sering Memakai Lip Balm
Beberapa orang mengalami 'kecanduan' pada lip balm, bisa jadi Anda juga mengalaminya. Tahukah Anda, efek melembabkan yang diberikan lip balm akan mengirimkan sinyal pada kulit untuk memproduksi sel-sel kulit baru. Karena itu, jika Anda terus-terusan memakai lip balm dalam kondisi apapun, bibir akan semakin kering, terlebih lagi jika Anda lupa mengoles lip balm. Alur itu akan terus terjadi dan memperburuk kondisi bibir. Anda tentu boleh memakai lip balm pada kondisi tertentu, terutama saat berada dalam cuaca dingin atau ruang ber-AC, tetapi tidak setiap saat selama 24 jam.

Minta Bantuan Dokter
Jika segala cara telah Anda coba tetapi kondisi bibir tak semakin membaik, bahkan semakin parah bahkan membengkak, segera konsultasikan pada dokter. Sehingga Anda bisa mendapatkan resep salep yang cocok untuk bibir sebagai obat pengurang rasa sakit.

Jangan Lupa Minum!
Hal yang penting tetapi sering dilupakan saat udara dingin adalah minum air. Seringkali udara yang dingin membuat orang lupa menyentuh minuman dan jarang merasa haus. Padahal, dalam udara seperti apapun, tubuh Anda harus mendapatkan asupan cairan. Jika Anda tak ingin bibir, kulit dan rambut menjadi kering selama cuaca dingin, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan minum setiap hari.