Cara Mengangkat Menghilangkan Komedo Bintik Hitam pada Hidung

Saat kita masih remaja dulu, komedo menjadi salah satu masalah yang setia menemani masa-masa pendewasaan diri. Bintik-bintik hitam kecil di hidung menjadi masalah yang menyebalkan, walaupun ukurannya hanya satu titik, tetapi jumlahnya yang banyak membuat hidung menjadi tampak kotor dan terkesan tak bisa merawat kebersihan diri dengan benar. Komedo memang dekat dengan remaja karena kulit mereka cenderung lebih berminyak. Maunya sih.. setelah dewasa, komedo-komedo itu dengan sendirinya, tapi ternyata.. dia tetap setia menemani.

Terbentuknya Komedo
Kenapa sih bintik-bintik hitam itu sering muncul? Sebenarnya komedo terjadi karena pori-pori pada bagian hidung mengalami pembukaan yang luas, sehingga seringkali 'lubang' itu diisi dengan 'sampah kulit', misalnya saja sebum (minyak alami yang dihasilkan kulit) dan sel kulit mati. Itulah sampah yang pada akhirnya menyumbat pori-pori sehingga mengalami reaksi kimia oksidatif dan membentuk titik hitam yang sering kita sebut komedo. Anggapan yang menyebutkan bahwa komedo muncul karena kulit yang kotor karena debu tak terlalu benar. Semakin berminyak bagian hidung seseorang, semakin besar kemungkinan untuk memiliki komedo.

Cara Ampuh Mengatasi Komedo
Cuci Wajah -Jika Anda sering tidur dengan wajah yang masih memakai makeup atau dengan wajah berminyak bekas aktivitas seharian, maka jangan heran jika hidung Anda dipenuhi komedo. Malas mencuci wajah akan membuat minyak dan sel kulit mati semakin memenuhi pori-pori hidung yang terbuat sumbatan penyebab komedo. Anda bisa melakukan pencegahan pada komedo dengan membersihkan hidung dengan facial foam yang mengandung salicylic acid. Bahan tersebut mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat lebih baik dibandingkan jenis pembersih wajah lain.

Scrub/Exfoliating -Menggosok permukaan kulit hidung dengan bahan berupa scrub atau exfoliator dapat membersihkan sel kulit mati pada bagian terluar kulit Anda. Pengelupasan yang dilakukan dengan scrub atau exfoliating akan memberi tampilan kulit dengan tekstur yang lebih halus. Cobalah untuk menggosok pelan bagian permukaan hidung Anda dengan lembut, sehingga kelebihan minyak dan kotoran yang tidak terangkat oleh susu pembersih atau facial foam dapat terangkat.

Memakai Pore Pack - Jika Anda sudah melakukan pembersihan dan pencegahan komedo tetapi si hitam nakal itu tetap muncul, maka cara menyingkirkannya adalah dengan mengangkatnya. Lupakan ide untuk memencet permukaan hidung agar komedo dapat keluar, cara itu dapat membuat hidung memerah, iritasi dan rasanya sakit. Akan lebih baik jika Anda menggunakan plester khusus untuk mengangkat komedo.

Pemakaian plester ini sangat mudah dan tinggal membasahi bagian hidung, menempelkan plester lalu menunggu selama 15 - 20 menit untuk melepas plester tersebut. Komedo yang membandel akan menempel pada plester. Tapi harus diingat, pemakaian plester ini tidak boleh terlalu sering karena dapat menimbulkan iritasi kulit. Cukup sekali dalam seminggu.