Tips Cara Merawat Kuku Agar Bagus, Indah, dan Kuat

Jangan menunggu kuku bermasalah untuk memberikan perawatan yang tepat pada kuku. Mungkin karena ukurannya yang kecil, terletak di ujung-ujung cari dan terlihat kuat, kita sering mengabaikan kesehatan kuku. Eh, jangan-jangan ada juga sahabat Female yang belum tahu jika kuku juga butuh nutrisi seperti halnya bagian tubuh yang lain?

Kuku yang tidak terawat akan menjadi kering, mudah patah, bersisik, kasar dan kusam. Seringkali kulit-kulit kering di sekitar kuku cukup tajam untuk melukai kulit Anda, bahkan mengoyak benang-benang pada pakaian dan barang-barang garmen yang lain. Sayang kan jika syal rajut Anda yang mahal benangnya lepas karena ulah kuku tak terawat ini.

Tidak sulit kok merawat kuku. Tidak serumit membubuhkan cat kuku dan melakukan nail art tentunya! Cukup jadikan lima langkah sederhana ini sebagai kebiasaan, maka kuku Anda akan senantiasa terawat dan indah.

Rajin potong kuku
Ingin kuku panjang agar jari lentik tidak berarti Anda membiarkannya saja tumbuh. Secara berkala, periksa bentuk kuku, buat ujungnya melingkar dan ujung kanan kirinya tidak runcing. Jika ada yang mengelupas, segera potong kuku sebelum mengelupas lebih besar lagi. Lakukan setelah mandi atau merendam kaki terlebih dulu, agar kuku mudah dipotong dan kulit sekitarnya mudah dibersihkan.

Lembabkan kuku
Anda bisa melakukannya sekaligus saat mengaplikasikan lotion untuk telapak tangan Anda. Untuk perawatan yang lebih intensif, beri minyak zaitun pada kuku seminggu sekali sebelum Anda tidur. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan minyak dengan tisu dan jangan langsung mencucinya dengan sabun.

Beri nail hardener
Menguatkan kuku bisa dilakukan dari luar. Aplikasikan produk nail hardener ke kuku Anda seminggu sekali. Hindari produk nail hardener yang mengandung formaldehida atau formaldehyde, seperti dikutip dari livestrong, karena bahan kimia ini justru membuat kuku kering dan mudah patah.

Nutrisi tercukupi dan bergizi
Minumlah cukup air untuk menghindari dehidrasi pada kulit dan kuku. Selain itu makanlah makanan yang mengandung asam lemak esensial omega-3, sayur-sayuran dan buah yang kaya vitamin, serta produk susu rendah lemak untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

Cuci tangan dan kaki dengan benar
Menjaga kebersihan dan kesehatan jari-jari tangan dan kaki akan menjadikan kuku Anda sehat dan indah juga. Biasakan mencuci kaki secara khusus saat mandi dan saat akan tidur. Keringkan dengan baik, terutama di sela-sela kuku. Kemudian beri lotion atau cream untuk melembabkan kulit kaki, tangan dan kuku.